Advokat / Pengacara dan Konsultan Hukum

Penggelembungan Suara Caleg Partai Demokrat Terbongkar

detikcom - 23 April 2009

Dugaan praktek penggelembungan suara dalam pelaksanaan pemilihan legislatif terbukti di Kabupaten Sumenep, Madura. Demi bisa memenangkan pemilu, seorang caleg Partai Demokrat untuk DPRD Jatim terungkap menekan PPK untuk melambungkan suaranya.
ADVERTISEMENT

Imbasnya hasil suara caleg tersebut di Kecamatan Manding, yang semula hanya meraup 109 suara mendadak meledak menjadi 429 suara.Modusnya mengalihkan suara partai untuk dirinya.

Perubahan data tersebut diketahui saat rekapitulasi di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep dan mendapat protes keras dari para saksi.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Moh Jazuli Muthar mengatakan ada unsur kesengajaan perubahan perolehan suara caleg Partai Demokrat yang diduga dilakukan petugas PPK. Sayangnya KPU enggan menyebut nama caleg yang suaranya melambung itu.

Sebab, ada ketidak samaan hasil perolehan masing-masing caleg dengan lembar rekap yang dipegang oleh masing-masing saksi. Sehingga, saat rekapitulasi di KPU mendapat protes keras dari saksi.

"Modusnya, suara partai Demokrat dikurangi dan dialihkan pada caleg tertentu di partai itu. Akibatnya, suara caleg tertentu lebih tinggi perolehan suaranya dibanding caleg yang lain," terang Jazuli pada wartawan di kantornya, Jalan Asta Tinggi, Kebonagung, Sumenep, Kamis (23/4/2009).

Oknum PPK tersebut, kata dia, langsung diintrogasi oleh KPU Sumenep. Pengakuan sementara, pelaku mendapat tekanan dari caleg yang bersangkutan sehingga terpaksa merubah data perolehan suara.

"Kasus ini sudah ditangani Panwaslu," ucapnya.

Sementara, anggota Panwaslu Sumenep Ach Rifa'ie mengatakan, panwaslu sedang memeriksa Ketua PPK Manding Abd Rahem Umar yang diduga merubah data suara caleg di Partai Demokrat.

"Pagi ini, Panwaslu sedang memeriksa pelaku. Pengakuan sementara, yang bersangkutan memang mengaku mendapat tekanan dari salah seorang caleg Jawa Timur agar merubah suara pileg," ujar Rifa'ie pada detiksurabaya.com di kantornya, Jalan Dr Cipto.

===

Dugaan Keculasan Partai Demokrat hampir terjadi secara menyeluruh diseluruh daerah, makanya suara mereka melonjak cepat. Suatu bentuk kecurangan sistematis.

Tidak ada komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Diberdayakan oleh Blogger.